Senin, 17 Januari 2011

membuat benner dengan menggunakan coreldraw_IDA FARIDA

Saat ini terdapat banyak aplikasi untuk membuat banner, mulai dari aplikasi2 design grafis yang sudah sering digunakan seperti corelDRAW, photoshop, sampai dengan software2 yang memang dibuat khusus untuk membuat banner secara instan (banner maker).
Saat ini penulis akan mencoba membuat sebuah banner sederhana seperti pada gambar disamping yang bisa anda pasang di blog pribadi anda. Adapun program aplikasi yang digunakan untuk membuat banner disamping adalah corelDRAW X2. So, let’s begin…

1. Buka aplikasi corelDRAW anda, kemudian ubah ukuran kertasnya menjadi A4 dengan units pixels untuk mempermudah pekerjaan anda.
2. Buat sebuah kotak dengan Rectangle Tools ScreenHunter_001 yang terdapat pada Tool Box dengan ukuran 125 px x 125 px.
3. Tumpulkan ujung2nya dengan menggunakan Corner Raurdness, sebesar 25 untuk setiap ujungnya.
4. Klik pada Outline Tools ScreenHunter_003 kemudian pilih 1/2 point outline.
5. Klik pada Fill Tools ScreenHunter_004, dengan type linear, kemudian isi anglenya menjadi -90,0 klik OK.
6. Buat sebuah lingkaran dengan Ellipse Tools, kemudian warnai dengan memilih warna hitam yang ada pada color pallete. Kemudian duplikasi dengan menekan shortcut ctrl+D.
7. Kecilkan ukuran lingkaran kedua, kemudian warnai dengan warna putih.
8. Hilangkan garis luarnya dengan menggunakan No Outline yang ada pada Outline Tools.
9. Select lingkaran putih, tekan Shift, kemudian select lingkaran ke-2, dan lanjutkan dengan menekan huruf T dan C, agar posisi lingkaran putih berada dibagian atas ditengah2 lingkaran hitam.
10. Klik Interactive Transparency Tool ScreenHunter_006, kemudian klik pada lingkaran putih dengan arah dari atas ke bawah, kemudian sesuaikan transparansinya.
11. Setelah sesuai dengan keinginan anda kemudian di grup dengan shortcup ctrl-G, dan letakkan lingkaran pada kotak dengan cara mendrag kedua objek tersebut dan tekan huruf C dan E.
12. Tambahkan title blog anda dengan menggunakan Text Tools dan sesuaikan jenis fontnya sesuai dengan keinginan anda.
13. Untuk merubah file project menjadi format gambar, klik file kemudian export, beri nama file dan format file berupa JPG (misalnya), kemudian klik OK.
14. Banner anda sudah siap di upload ke blog!
Selamat Mencoba! Semoga Bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar